Nira Kelapa

Air Nira adalah air yang didapatkan dari batang bunga kelapa yang dalam bahasa jawa disebut sebagai kembang mayang. Cara untuk mendapatkan nira adalah dengan memotong kembang mayang tersebut di bagian ujungnya kemudian akan keluar air yang ditampung menggunakan bambu. Hasil tampungan tersebut dapat diambil secara berkala misalnya sehari sekali atau dua hari sekali setiap pagi atau sore, tentunya kegiatan tersebut dilakukan dengan memanjat pohon kelapa.
Batang kembang mayang yang tidak mengeluarkan air kemudian dipangkas, kegiatan tersebut dilakukan berulang-ulang sampai batang kembang mayang tersebut habis dipangkas.
Sebuah pohon kelapa mempunyai kembang mayang lebih dari satu sehingga jika kembang mayang yang satu habis dipangkas akan dilanjutkan memangkas kembang mayang lainnya, tentunya pohon kelapa ini tidak sempat menghasilkan buah kelapa.
Air Nira mengandung zat yang diperlukan tubuh manusia (zat gizi) yaitu: nitrogen, phosphorous, kalsium, potassium, magnesium,sodium, sulfur, boron, chiorine, mangan, dan zat besi . Zat-zat ini bermanfaat untuk membantu mengurangi masalah pembuluh darah dan kesehatan jantung, melancarkan fungsi ginjal, menjaga kekuatan gigi, tulang dan otot, membantu sistem metabolisme tubuh dan sistem saraf serta meningkatkan imunitas tubuh. Air Nira juga memiliki kandungan vitamin yang cukupkomplek, yaitu: B1, B2, B3, B5, B7, B9 dan B12, vitamin inositol, vitamin cholin dan vitamin C. Di dalam air nira juga terdapat 17 asam amino esensial dan non esensial yang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak dan sistem syaraf, mendorong level energi dan memperbaiki jaringan tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar